Cek Kondisi Kulit Anda ! Apakah Mulai Timbul Penyakit melanoma maligna ?

Health
Image result for Melanoma maligna

Oral Melanoma maligna , jenis kanker kulit yang paling serius, berkembang dalam sel (melanosit) yang menghasilkan melanin – pigmen yang memberi warna pada kulit Anda. Melanoma maligna  juga dapat terbentuk di mata Anda dan, jarang, di organ internal, seperti usus Anda. Penyebab pasti dari semua oral melanoma maligna tidak jelas, tetapi paparan radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari atau lampu tanning dan tempat tidur meningkatkan risiko terkena melanoma maligna . Membatasi paparan radiasi UV dapat membantu mengurangi risiko melanoma maligna .

Risiko melanoma maligna  tampaknya meningkat pada orang di bawah 40, terutama wanita. Mengetahui tanda-tanda peringatan kanker kulit dapat membantu memastikan bahwa perubahan kanker terdeteksi dan diobati sebelum kanker telah menyebar. Melanoma maligna  dapat diobati dengan sukses jika terdeteksi dini.

Oral Melanoma maligna  adalah neoplasma melanosit atau neoplasma sel yang berkembang dari melanosit. Meskipun pernah dianggap tidak biasa, kejadian tahunan telah meningkat secara dramatis selama beberapa dekade terakhir. Pembedahan adalah perawatan definitif untuk melanoma maligna  tahap awal, dengan manajemen medis umumnya dicadangkan untuk perawatan ajuvan melanoma maligna lanjut.

Seberapa berbahaya melanoma maligna ?

Melanoma maligna  biasanya dapat disembuhkan ketika terdeteksi dan diobati sejak dini. Setelah melanoma maligna  telah menyebar lebih dalam ke kulit atau bagian lain dari tubuh, menjadi lebih sulit untuk diobati dan bisa mematikan.

  • Perkiraan tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk pasien A.S. yang melanoma maligna  terdeteksi dini adalah sekitar 98 persen.
  • Diperkirakan 7.230 orang (4.740 pria dan 2.490 wanita) akan meninggal karena melanoma maligna  di AS pada 2019.

Gejala

Seperti halnya bentuk kanker lainnya, tahap awal melanoma maligna  mungkin sulit dideteksi, jadi penting untuk memeriksa kulit secara aktif untuk melihat tanda-tanda perubahan. Perubahan penampilan kulit adalah indikator utama melanoma maligna  dan digunakan dalam proses diagnostik. Yayasan Penelitian Melanoma maligna telah menghasilkan halaman web yang membandingkan gambar melanoma maligna dengan gambar tahi lalat normal. Organisasi nirlaba Amerika ini juga mencantumkan gejala dan tanda yang harus segera mengunjungi dokter. Ini adalah:

  • perubahan kulit, seperti bercak atau tahi lalat baru atau perubahan warna, bentuk, atau ukuran bercak atau tahi lalat saat ini
  • sakit kulit yang gagal sembuh
  • suatu tempat atau luka yang menjadi sakit, gatal, atau nyeri, atau yang berdarah
  • bintik atau gumpalan yang terlihat mengkilap, berlilin, halus, atau pucat.
  • benjolan merah keras yang berdarah atau tampak ulserasi atau berkerak
  • sebuah titik datar, merah yang kasar, kering, atau bersisik

Penyebab

Seperti halnya semua kanker, penelitian sedang dilakukan ke dalam penyebab melanoma maligna . Orang dengan jenis kulit tertentu lebih rentan terkena melanoma maligna , dan faktor-faktor berikut berhubungan dengan peningkatan kejadian kanker kulit:

  • kepadatan bintik tinggi atau kecenderungan untuk mengembangkan bintik-bintik setelah paparan sinar matahari
  • jumlah tahi lalat yang tinggi
  • lima atau lebih mol atipikal
  • kehadiran lentigin aktinik, bintik-bintik kecil abu-abu, juga dikenal sebagai bintik hati, bintik matahari, atau bintik-bintik penuaan
  • nevus melanositik kongenital raksasa, tanda kulit coklat yang muncul saat lahir, juga disebut tanda lahir
  • kulit pucat yang tidak mudah tan dan terbakar, ditambah mata berwarna terang
  • rambut merah atau berwarna terang
  • paparan sinar matahari yang tinggi, terutama jika menghasilkan sengatan matahari yang terik, dan terutama jika paparan sinar matahari terputus-putus daripada teratur
  • usia, seiring meningkatnya risiko dengan usia
  • keluarga atau riwayat pribadi melanoma maligna 
  • menjalani transplantasi organ

Dari jumlah tersebut, hanya paparan sinar matahari yang tinggi dan kulit terbakar yang dapat dihindari. Sumber Kesehatan Organisasi Dunia (WHO) memperkirakan bahwa sekitar 60.000 kematian dini terjadi setiap tahun di seluruh dunia karena paparan radiasi ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan. Diperkirakan 48.000 kematian ini berasal dari melanoma maligna  ganas. Menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan mencegah sengatan matahari secara signifikan dapat menurunkan risiko kanker kulit. Tanning bed juga merupakan sumber sinar UV yang merusak.

Sumber :

https://emedicine.medscape.com

https://www.mayoclinic.org

Home

https://www.medicalnewstoday.com

sumber gambar

https://www.nhs.uk

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*